Lomba Permainan Tradisional Balogo (Tingkat SMP se-Kab. Kotabaru-Tanah Bumbu)
Rabu, 25 September 2024 16:48 WIB
0 Komentar
90
Tema Kegiatan
“Mempertahankan Warisan, Merebut Kemenangan.”
Tujuan Kegiatan
- Melestarikan budaya lokal melalui permainan tradisional yang diwariskan turun-temurun.
- Memperkenalkan Balogo kepada generasi muda agar tradisi ini tetap hidup dan dikenal luas.
- Membangun kebersamaan dan sportivitas di antara para peserta melalui kompetisi yang sehat.
- Meningkatkan rasa cinta terhadap budaya daerah sebagai identitas kebanggaan lokal.
Persyaratan Peserta
- Peserta adalah siswa SMP/MTS sederajat di kabupaten Kotabaru & Tanahbumbu.
- Setiap tim terdiri dari 3 orang, terdiri dari putra, putri, atau campuran
- Setiap sekolah mengirimkan maksimal 1 tim.
- peserta menggunakan pakaian olahraga sekolah.
- Peserta harus melakukan pendaftaran sebelumnya dan membawa kartu pelajar saat hari perlombaan.
Update
- Setiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari 1 tim.
- Pendaftaran akan ditutup jika kuota pendaftaran telah terpenuhi.
Prosedur Pendaftaran
- Pendaftaran dibuka mulai 12-30 September 2024
- Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui link yang disediakan oleh panitia atau datang langsung ke SMA Negeri 1 Kelumpang Hilir.
- Biaya pendaftaran gratis
- Setiap tim harus mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh panitia.
- Link pendaftaran lomba https://bit.ly/hut25smahir
- Link grup WA peserta akan ditampilkan pada google form tersebut.
Jadwal Pelaksanaan
- Technical Meeting: Selasa, 1 Oktober 2024 via zoom.
- Hari Pelaksanaan: Senin, 7 Oktober 2024.
- Tempat: Lapangan Voli SMA Negeri 1 Kelumpang Hilir.
- Waktu: 08.00 WITA – selesai.
Hadiah
- Juara 1: Piala, piagam, dan uang pembinaan.
- Juara 2: Piala, piagam, dan uang pembinaan.
- Juara 3: Piala, piagam, dan uang pembinaan.
Sistem permainan
- Peserta lomba balogo dalam 1 (satu) regu terdiri dari 3 (tiga) orang pemain, pemain boleh putra dan putri atau campuran putra putri dalam satu regu.
- Peralatan balogo disediakan oleh panitia.
- Pada saat lomba atau permainan berlangsung, peserta permain yang sudah ditentukan dalam satu regu tidak boleh digantikan dengan pemain yang lainnya.
- Pada saat bermain, masing-masing regu (naik/pasang) sebanyak dua kali putaran secara bergantian.
- Setiap kali membidik sasaran (buah), logo pasang (target sasaran atau anak logo) harus dilakukan secara tuntas oleh pemain yang bersangkutan dan secara bergiliran sesuai kesepakatan regu masing-masing. Setelah start buah, posisi logo sewaktu membidik tidak boleh digeser atau diangkat, harus tetap berada dalam posisi atau tempat semula, logo hanya boleh diputar sewaktu mengarahkan bidikan ke logo pasang (target sasaran/anak logo).
- Logo dinyatakan mati/out apabila menyentuh garis pembatas.
- Logi dinyatakan mati/out apabilaa tidak sampai ke garis mati/pemati.
- Logo dinyatakan mati/out apabila pada waktu start, membidik (buah), logo tersebut mengenai logo teman satu regu, maka logo yang dinyatakan mati atau keluar adalah logo yang terkena dan tersentuh.
- Selama proses permainan berlangsung, logo tidak diperbolehkan untuk diganti, kecuali rusak (pecah, patah, atau lapisan logo terlepas), dan pergantian ini pun harus mendapat izin atau persetujuan dari juri pertandingan.
- Pemenang ditentukan dari besarnya jumlah poin/nilai yang diperoleh masing-masing regu selama dua kali putaran.
- Apabila ada kesamaan jumlah nilai atau poin, maka ditentukan dengan adu Finalti (betembak) denga jarak tembak bebas 6 (enam) meter.Sistem pertandingan atau lomba menggunakan sistem setengah kompetensi.
- Setiap logo pasang (logo yang menjadi target) anak logo terdiri dari tiga buah, masing-masing logo pasang (logo target sasaran atau anak logo) bernilai satu poin.
- Logo dinyatakan mendapat poin nilai apabila logo yang dipasang (logo target sasaran atau anak logo) yang dibidik dan ditembak jatuh, roboh atau tumbang.
- Apabila terjadi cabang (kena sekali dua), logo pasang (logo target) di depan (logo 1) Nilainya dua, logo pasang (logo 2) ditengah nilainya tiga, logo yang dipasang paling belakang (logo 3) Nilainya empat.
- Apabila semua logo pasang (logo target sasaran/anak logo yang dibidik/ ditembak telah jatuh, roboh, tumbang, maka memperoleh bonus nilai/poin sesuai dengan jumlah logo yang masih hidup, setiap logo yang masih hidup bonus nilai atau poinnya masing-masing satu poin.
Contact person
- Faishal Rosyadi - 081254379070
- Ghani - 085849307362
Komentar (0)